Fraksi Pendukung DPRD Barito Selatan Sepakat Terima RAPBD Perubahan 2019

  • Oleh Uriutu
  • 27 September 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Lima fraksi pendukung dewan DPRD Kabupaten Barito Selatan sepakat  menerima RAPBD perubahan tahun anggaran 2019 disahkan menjadikan peraturan daerah atau perda. 

Menariknya, rapat paripurna yang digelar, Jumat, 27 September 2019, itu dilakukan secara maraton. Sebelumnya wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir menyampaikan pidato pengantar terkait dengan RAPBD perubahan tahun 2019.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemandangan umum fraksi pendukung dewan serta jawaban dan tanggapan dari Bupati.

“Kelima fraksi pendukung dewan dalam pemandangan umumnya sepakat menerima RAPBD-P 2019 untuk dibahas ke tahap selanjutnya dan dijadikan perda,” kata Ketua DPRD Barsel M Farid Yusran.

Pada sore nanti, lanjut dia, akan dilaksanakan paripurna penandatanganan persetujuan bersama RAPBD perubahan 2019.

Ia mengatakan, dari kelima fraksi pendukung dwan, Fraksi PDIP menerima dengan catatan terkait penanganan karhutla.

Sementara itu, Wakil Bupati Barsel Satya Titiek Atyani Djoedir mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada fraksi pendukung dewan yang telah menerima RAPBD perubahan 2019.

“Pada prinsifnya kita sepakat untuk dibahas dan dijadikan bahan bahan materi persidangan dan pembahasan pada tingkat lebih lanjut sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,” ucap dia.

Ia mengungkapkan, terkait catatan dari Fraksi PDIP tentang penanganan karhutla, pihak eksekutif telah melakukan berbagai upaya seperti penetapan status siaga darurat selama 90 hari  mulai 23 Mei-18 Agustus 2019 berdasarkan keputusan bupati Barsel.

Selanjutnya, penetapan perpanjangan siaga darurat  dari 18 Agustus-18 Oktober 2019, serta penetapan menjadi tanggap darurat.

Berita Terbaru