Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Banyak Warga tak Pakai Masker Saat Beraktivitas di luar di Tengah Kabut Asap

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 September 2019 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Meskipun kabut asap masih terjadi di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), namun masih banyak warga yang beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan masker. 

Hal tersebut menjadi perhatian pemerintah daerah dan mereka mengimbau agar masayarakat menggunakan masker saat berada di liar ruangan. Guna menghindari terserang penyakit inspeksi saluran pernapasan akut (Ispa).

"Kami terus mengimbau agar masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah. Terutama saat kabut asap pekat terjadi di daerah ini," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Jumat, 27 September 2019. 

Masker sangat penting dan harus dibudayakan penggunanya bagi masyarakat. Apalagi kualitas udara saat ini sudah berada di kategori berbahaya. Sehingga untuk menjaga kesehatan, selain bediam diri di rumah atau ruangan, paling tidak menggunakan masker saat keluar rumah. 

Pemerintah daerah sendiri sudah beberapa kali membagikan masker untuk masyarakat. Baik di sejunlah jalan umum untuk para pengendara, maupun di berbagai sekolah yang ada di Sampit. Bahkan ribuan masker juga disiapkan untuk masyarakat melalui Dinas Kesehatan Kotim. 

"Jadi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan masker bisa melalui ketua RT ataupun kepala desa untuk mengajukan permintaan masker untuk masyarakat. Dan itu dibagikan secara gratis," kata Halikinnor. 

Pihaknya saat ini juga terus berupaya untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di daerah ini. Baik itu melalui tim Satgas Karhutla, polisi, TNI, dan juga SOPD yang ditugaskan ikut membantu pemadaman. Hal itu dilakukan agar kabut asap bisa segera berakhir. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru