Cuaca di Katingan Cerah Setelah Diguyur Hujan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 September 2019 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan, Kamis, 26 September 2019 malam. 

Akibat diguyur hujan selama kurang lebih 2 jam itu, cuaca di Kota Kasongan dan sekitarnya pada Jumat, 27 September 2019 tampak mulai cerah dibandingkan hari sebelumnya.

Dari pantauan borneonews.co.id hujan lebat di Kasongan dan sekitarnya sekitar pukul 18.30 Wib tadi malam selain mengusir debu yang sebelumnya beterbangan juga membantu proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan.

Hujan yang berlangsung sekitar dua jam ini disertadi tiupan angin kencang dan kadang kala disertai guntur.

Selain di Kasongan dan Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir, hujan tadi malam juga berlangsung di wilayah Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang dan beberapa wilayah kecamatan lainnya di bagian hulu. Meski intensitas dan lamanya hujan berbeda-beda.

Di Kasongan, hujan lebat selama dua jam itu disambut gembira oleh warga masyarakat yang selama ini terus mengharapkan adanya turun hujan.

"Syukur Alhamdulillah ternyata hujan turun juga membasahi bumi di Kabupaten Katingan yang selama ini kami tunggu-tunggu," sebut Amat, warga Kasongan.

Dengan adanya hujan ini Amat mengaku hari ini ia bisa menghirup nafas tanpa mengenakan masker. "Memang sih masih ada kabut asap tipis, mungkin sisa-sisa yang kemarin, tapi saya tetap bersyukur dengan adanya hujan tadi malam, sebab asap tebal yang selama ini menyelimuti Kasongan dan wilayah lain hilang dan hari ini matahari sejak pagi bersinar terang tanpa terhalang kabut lagi," imbuh Amat.

Hal senada diutarakan Ridwan warga Kasongan lainnya.

Berita Terbaru