Pemkab Barito Utara Gelar Rakor Pengendalian Karhutla

  • Oleh Ramadani
  • 27 September 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemkab Barito Utara bersama instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di aula Setda Lantai I, Jumat, 27 September 2019.

Rakor dilaksanakan guna melihat sejauh mana penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim gabungan.

Rapat dipimpin Sekretaris Daerah H Jainal Abidin didampingi Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf  Yusan Riawan, mewakili Kapolres, dan dihadiri oleh kepala perangkat daerah, Camat se Kabupaten Barito Utara dan undangan terkait lainya.

Sekda H Jainal Abidin mengatakan bahwa satgas yang dibentuk bertujuan agar dalam penanganan karhutla khususnya di wilayah Kabupaten Barito Utara dilakukan secara terpadu lintas sektor.

"Terlebih pada hutan dan lahan yang rawan akan kebakaran, kemungkinannya tiap tahun nyaris tak pernah luput dari amukan si jago merah. Saat ini, Program Kerja Satgas Karhutla difokuskan di Desa Trahean dan Desa Kamawen," jelas Jainal Abidin.

Meskipun dalam dua hari ini hujan sudah mengguyur Barito Utara serta turut memadamkan kebakaran hutan dan lahan.

"Namun kita tetap harus waspada agar tidak ada lagi kabut asap di wilayah Barito Utara," katanya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru