Anggota DPRD Kotim: Mulai Tahun Depan Pemkab agar Siapkan Sumber Air Bersih untuk Masyarakat Selatan

  • Oleh Naco
  • 29 September 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotim H Rudianur meminta agar mulai tahun depan Pemkab mempersiapkan sumber air bersih bagi masyarakat di bagian Selatan.

Rudianur menyarankan agar pemerintah setidaknya memprogramkan pembuatan sumur bor dengan kedalaman yang maksimal sehingga bisa menyuplai aris bersih ketika musim kemarau seperti di Bagendang, Samuda, Pulau Hanaut dan Teluk Sampit


“Saya menginginkan agar tidak menyuplai air dari Sampit setiap tahunnya, kita tahu kejadian kekurangan ari bersih ini jadi siklus tahunan saat musim kemarau," kata Rudianur, Minggu, 29 September 2019.


Rudianur mengakui musim kemarau saat ini meski ada sumber air PDAM setempat namun ternyata tidak mampu menyediakan air bersih kepada warga. 

Bahkan dia harus turun tangan mengantarkan air bersih kepada warga di daerah itu setiap tahunnya ketika musim kemarau seperti saat ini.


"Kita mendesak pemerintah terkait masalah ini, karena itu salah satu pelayanan dasar. Saya sarankan program sumur bor saja untuk kedepannya," pungkasnya.

Ia menyebutkan dinas teknisnya harus memprogramkan kegiatan penangan air bersih itu.  Terutama di dokumen rencana kerja anggaran (RKA) APBD Kotim tahun 2020 sudah dimasukan. 

“Dinas PUPR harus peduli dan memprogramkan pembuatan sumur bor. Tidak masalah berapapun anggarannya karena ini adalah kebutuhan yang bersinggungan dengan rakyat, setidaknya ditiap desa itu minimal 1 hingga 2 buah sumur," tandasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru