Meski Baru Buka Sore Hari, Pasar Ikan di Komplek Pelabuhan Hurung Selalu Ramai Pembeli

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 September 2019 - 21:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pasar ikan di komplek Pelabuhan Hurung, Kota Kasongan, Kabupaten Katingan, hanya pada sore hari. Meski begitu, pasar ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Seperti yang terlihat, Minggu, 29 September 2019.

Pasalnya, ikan yang dijual para pedagang umumnya masih hidup dan segar.

Selain ikan sungai, pedagang juga menjual ikan kering dan sayur, khususnya sayur khas Suku Dayak.

Sehingga tidak mengherankan jika sejak pukul 14.00 WIB hingga menjelang malam hari, warga berbondong-bondong ke Pasar Hurung.

Rata-rata warga membeli ikan sungai yang masih hidup. Seperti gabus atau haruan, baung, bawal, lais, kapar, betok atau papuyu, udang, dan lainnya. Pedagang juga menjual ikan sungai hasil budidaya seperti emas dan nila.

"Kita setiap semingu pasti membeli ikan sungai di Pasar Hurung ini. Soalnya ikan sungainya banyak pilihan dan segar. Yang terpenting harganya agak murah bila dibandingkan dengan Pasar Kasongan atau warung di luar komplek pasar ini," kata Fitri, warga Kasongan,  

Sementara itu, sejumlah pedagang mengatakan bahwa pasar baru buka setelah tengah hari lantaran pada pagi hari nelayan masih mencari ikan di sungai.

"Sudah dari dulu bukanya setelah tengah hari. Karena sambil menunggu nelayan menjual hasil tangkapan mereka," ujar Mardi, pedagang di Pasar Hurung.

Menurutnya, hampir semua jenis ikan sungai selalu dicari warga. Namun, yang paling banyak dibeli adalah ikan gabus.

"Selain gabus biasanya juga banyak dicari ikan baung dan udang galah," katanya.

Berita Terbaru