Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mercedes Rayakan Kemenangan di Grand Prix Rusia

  • Oleh Ediya Moralia
  • 30 September 2019 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Mercedes menikmati kemenangan di Grand Prix Rusia, Minggu. Kemenangan ini diraih setelah Ferrari yang dikendarai Sebastian Vettel mengalami kendala teknis saat lomba.

Charles Leclerc start dari pole position dan tampak menjanjikan bagi Ferrari untuk meraih kemenangan keempatnya secara beruntun musim ini. Ferrari menginginkan kedua pebalapnya finis 1-2.

Namun Virtual Safety Car yang diberlakukan karena mobil Vettel yang rusak di pinggir trek justru membantu Lewis Hamilton mempertahankan rekor tak terkalahkan Mercedes di Sirkuit Autodrom Sochi. Bagi Mercedes ini adalah kemenangan kesembilannya dalam musim yang sama. Bottas tampil sebagai runner-up membawa Mercedes finis 1-2.

"Kami sangat beruntung dalam hal bagaimana ini terjadi," kata Direktur Teknis Mercedes James Allison, seperti dikutip Reuters.

"Sangat ironis melihat kesialan Sebastian justru menjadi keberuntungan bagi kami," kata Allison yang pernah bekerja untuk Ferrari itu.

Virtual Safety Car memperlambat Leclerc yang telah masuk pit terlebih dahulu. Hal ini memberi waktu bagi Hamilton berganti ban baru dan tetap menjadi pimpinan lomba.

Sebelum itu, di awal lomba, Ferrari menimbulkan kontroversi setelah kesepakatan pra-lomba di antara kedua pebalapnya dibahas di radio komunikasi mereka.

Kesepakatan itu mengharuskan Leclerc membantu Vettel, yang start dari posisi ketiga, memanfaatkan slipstream di belakang mobil sang pebalap asal Monako itu setelah start untuk menyalip Hamilton dan mengambil alih pimpinan lomba.

Seperti yang dijelaskan kepala tim Mattia Binotto, setelah Vettel di depan, sang pebalap Jerman harus menyerahkan kembali posisi yang telah diraih Leclerc. Namun juara dunia empat kali itu justru membuat serangkaian waktu putaran tercepat di awal lomba dan memimpin jauh di depan.

Leclerc melakukan undercut terhadap Vettel saat melakukan pitstop empat lap lebih awal dan mendapati kembali posisinya di depan rekan satu timnya.

Nahas bagi Vettel ketika mobilnya mengalami kendala dengan komponen MGU-K di lap ke-28 dan harus mengakhiri lomba lebih awal.

Hamilton pun kembali merasakan podium teratas sejak terakhir kali menang di Hungaria awal Agustus lalu.

"Terasa lama sekali tapi ini seperti pertama kalinya (kemenangan) juga, jadi ini terasa spesial," kata Hamilton. (REUTERS/m)

Berita Terbaru