Kualitas Udara di Sampit Sudah Masuk Kategori Baik Pasca Dilanda Kabut Asap

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 September 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kualitas udara di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini sudah masuk dalam kategori baik. Hal itu terjadi karena kabut asap akibat kebakaran lahan sudah tidak terlihat hari ini.

"Kualitas udara di Sampit hari ini sudah berada pada kategori baik," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan, Senin, 30 September 2019. 

Dari pantauan BMKG, kualitas udara di Sampit pada pukul 10.00 WIB, berada pada 39,371 mikrogram, dengan kategori baik. Bahkan saat ini, beberapa daerah di Sampit kembali hujan, walaupun hanya intensitas rendah. 

Meskipun begitu, Setiawan belum bisa memastikan kondisi udara tersebut akan berlangsung lama. Apalagi saat ini di daerah bandara sudah mulai mencium aroma bau asap. 

"Kemungkinan nilai kualitas udara akan naik lagi. Karena saat ini sudah tercium bau asap lagi," kata Setiawan. 

Dirinya menerangkan, jika memang dalam beberapa hari kedepan hujan terus melanda sebgain wilayah Kotim, maka kualitas udara akan terus baik.

Namun jika nantinya kebakaran hutan dan lahan masih belum tuntas, maka kualitas udara juga akan memburuk. 

"Mudah-mudahan saja, kualitas udara di Kotim terus membaik. Dengan intensitas hujan tinggi," harap Setiawan. 

Tetapi, dari prediksi pihak BMKG sendiri, musim kemarau di Kotim bisa terjadi hingga akhir Oktober 2019 mendatang. Sehingga hal itu patutu diwaspadai agar masyarakat selalu menjaga lahan disekitar mereka tidak terbakar. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru