Pemkab Gunung Mas Gelar Focus Group Discussion Roadmap Pengembangan Rantai Bisnis Karet

  • Oleh Magang 1
  • 30 September 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemkab Gunung Mas melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah menggelar Focus Group Discussion atau FDG Roadmap Pengembangan Rantai Bisnis Karet, di aula BP3D setempat, Senin, 30 September 2019.

Asisten II Setda Gunung Mas, Yohanes Tuah menyampaikan roadmap atau peta jalan merupakan pedoman atau rambu yang penting dalam membuat kebijakan maupun kegiatan.

“Walau roadmap berada pada tataran konseptual, roadmap bersifat strategis sehingga keberadaannya sangat penting,” ujarnya saat membuka kegiatan.

Beberapa tahun terakhir, hasil perkebunan karet di Kabupaten Gunung Mas mengalami tekanan, terutama pada harga beli, sehingga terjadi kelesuan di tingkat petani.

Paling tidak, ada beberapa hal yang membuat harga beli karet menjadi rendah yakni budidaya karet di daerah itu yang tidak produktif dan kualitas olahan karet yang tidak memenuhi standar.

Ia menyampaikan, penyebab lainnya adalah rantai distribusi yang terlalu panjang, serta ketidaktahuan masyarakat kapan waktu yang tepat dalam menjual.

Pembuatan roadmap yang menggandeng beberapa pemangku kepentingan ini merupakan langkah awal yang baik dan penting untuk dieksekusi pada tataran operasional.

“Semoga roadmap yang disusun berguna untuk menjadi rujukan pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan,” pungkasnya. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru