Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Meninjau Jembatan Jalan Keladan

  • Oleh Ramadani
  • 30 September 2019 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara  Nadalsyah bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Iwan Rusdani, Kabid Bina Marga Rodi, Camat Teweh Tengah Mastur, dan Lurah Lanjas Tri Winarsih, meninjau jembatan di Jalan Keladan, RT 04, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Senin, 30 September 2019.

Pengecekan jembatan dilakukan karena adanya keluhan dari warga tentang kondisi tiang jembatan. Menurut warga, tiang jembatan terhentak sehingga membuat lantai jembatan menjadi tidak rata.

“Hari ini kita bersama Kadis PUPR dan pejabat teknis dari PUPR melakukan peninjauan lapangan. Karena sesuai dengan laporan masyarakat ada dua buah jembatan yang panjangnya 24 x 4 meter dan 24 x 3 meter, rusak,” kata Nadalsyah.

"Secara teknis kalau kita melihat kontruksi jembatan ini pembebanan tiang pancang tidak sampai ke tanah dasar."

“Sesuai laporan tadi kami ingin memperbaiki jembatan ini dengan menggunakan dana unit pemeliharaan rutin (UPR) agar cepat dikerjakan. Akan tetapi begitu melihat ke lapangan, kondisinya seperti ini tidak bisa kita lakukan dengan cara UPR saja,” sebutnya.

Jembatan itu harus dibangun dengan kontruksi beton. Dan pada 2020, Bupati meminta Dinas PUPR untuk bisa menganggarkan agar tiang pancang menggunakan pipa baja yang berdiameter 40 centimeter.

Sehingga tiang pancang ini nantinya dipancang betul-betul kuat dan  permanen yang menggunakan besi WF600. Untuk kiri dan kanan jembatan menggunakan WF300.

“Sehingga jembatan ini nantinya bisa kokoh tidak ada lagi hal-hal yang seperti ini. Percuma kalau kita bangun menggunakan kontruksi kayu ulin. Satu atau dua tahun akan kembali seperti ini lagi. Karena terbawa arus tanah dan air. Insyaallah pada 2020 kita akan menganggarkan dana untuk dua jembatan yang ada di Jalan Keladan,” katanya.

Bupati juga meminta maaf kepada masyarakat sekitar jembatan dan pengguna jembatan. Karena proyek jembatan masih harus direncanakan terlebih dahulu, dianggarkan dan nanti dibahas di DPRD.

“Insyaallah aspirasi-aspirasi ini kita usulkan ke DPRD dan mohon persetujuannya agar disetujui. Terutama untuk pembangunan dua buah jembatan yang berada di Jalan Keladan ini,” pungkasnya. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru