Penderita ISPA Terbanyak Ada di 7 Kabupaten dan Kota Ini

  • Oleh Agus Priyono
  • 30 September 2019 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA terparah terjadi pada 7 kabupaten / kota di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). Jumlah penderita dari tiap kabupaten mencapai angka ribuan orang.

Kabupaten tersebut di antaranya ada Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kabupaten Barito Utara (Barut), Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kabupaten Murung Raya, dan terakhir adalah Kota Palangka Raya.

Dari 7 kabupaten/kota tersebut setidaknya total penderita ISPA yang tercatat oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mencapai 18.660 orang. Dengan kota terparah berada di Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul mengatakan, Kota Palangka Raya menempati peringkat pertama ISPA dengan total 5.905 penderita, disusul oleh Kabupaten Kotim 4.321 penderita, dan Kabupaten Kapuas dengan 2.245 penderita.

Selanjutnya di posisi keempat kabupaten yang mendapat penderita ISPA tertinggi ditempati Kabupaten Murung Raya dengan 1.930, Kabupaten Barut sebanyak 1.776 penderita. Kemudian ada Kabupaten Kobar 1.475 penderita dan terakhir Kabupaten Bartim sebanyak 1008 penderita.

"Data tersebut kami hitung mulai dari 1 Agustus hingga 29 September 2019 kemarin. Kasus ISPA terbanyak ditempati kota Palangka. Sedangkan kabupaten yang lain juga banyak namun tidak sampai lebih dari 5000 penderita," ujar Suyuti, Senin, 30 September 2019.

Sejauh ini kabupaten dengan penderita ISPA terendah ditempati oleh Kabupaten Lamandau dengan angka yang mencapai ribuan yakni 698 penderita. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru