Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Melawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Teras Narang Minta Badan Khusus Dibentuk Soal Pemindahan Ibu Kota

  • Oleh Tim Borneonews
  • 01 Oktober 2019 - 08:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Mantan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang menyarankan pemerintah membentuk badan otorita khusus sebelum pemindahan Ibukota ke Kalimantan Timur (Kaltim) dilakukan.

Badan itu bertugas untuk merencanakan, mengurusi, dan memastikan, pemindahan Ibukota tersebut tidak bermasalah di kemudian hari.

"Pemindahan Ibukota sudah diputuskan oleh Presiden. Kita harus tunduk pada keputusan Presiden itu," demikian dikatakan Agustin Teras Narang kepada wartawan usai menjadi pembicara seminar bertema "Otonomi daerah dan desentralisasi fiskal dalam rangka pemerataan pembangunan daerah" di gedung Wiliam Suryajaya kampus Universitas Indonesia (UKI) Cawang, Jakarta, Senin (30/9/201).

Hadir sebagai pembicara dalam acara diskusi yang dimoderatori Saor Siagian tersrbut; ekonom senior Faisal Basri dan akademisi Blucer Welington Rajaguguk.

Teras Narang mencontohkan, badan tersebut nantinya juga diberikan wewenang penuh untuk mengkaji dan memastikan tanah yang akan dipakai sebagai Ibukota tidak bermasalah.

"Misalnya, Otorita punya tugas mengkaji dan memastikan keadaan disana benar-benar clear and clean," ungkapnya.

Dirinya berharap, pemindahan Ibukota ke Kaltim membawa dampak positif bagi seluruh provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Sehingga, pertumbuhan ekonomi dan manfaatnya benar-benar bisa dirasakan masyarakat di sana.

"Pemindahan Ibukota ke Kaltim harus membuat seluruh provinsi di Kalimantan berkembang," tutur Teras Narang.

Dirinya berharap, orang asli Kalimantan bisa ditunjuk sebagai ketua badan sebelum pemindahan Ibukota tersebut.

"Sebaikanya orang Kalimantan yang menjadi ketuanya. Karena, mereka hafal dengan wilayah tersebut. Masak orang Kalimantan tidak diberikan kesempatan dalam pemindahan Ibukota tersebut," pungkas Teras Narang. (INILAH.COM/B-11)

Berita Terbaru