Pemkab Sukamara Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Oktober 2019 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor bupati setempat, Selasa, 2 Oktober 2019.

Apel yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI, Polri, tenaga kontrak serta tingkat pelajar SMA, dan SMP tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi.

Tampak hadir juga, Kapolres Sukamara, AKBP Sulistiyono, Ketua DPRD Sukamara, Deni Khaidir beserta wakil ketua, perwakilan Kejaksaan Negeri Sukamara, kepala SOPD, dan lainnya.

"Pada 54 tahun lalu, tepatnya tanggal 1 Oktober 1965 merupakan Hari Kesaktian Pancasila. Dan ini juga hari berkabung nasional," kata Ahmadi.

"Kenapa kita sebut hari berkabung nasional, karena malamnya itu terjadi sebuah tragedi besar, tragedi berdarah. Enam jenderal kita dan 1 perwira menengah gugur karena gerakan PKI," terang Ahmadi.

Menurut Ahmadi, dengan tragedi yang telah terjadi tersebut, sehingga momen bersejarah harus diperingati dengan mengambil pelajaran untuk meningkatkan kebersamaan.

"Peringatan ini tidak hanya seremonial saja, rasa kebersamaan, rasa memiliki bangsa ini. Terutama empat pilar kebangsaan itu merupakan satu-satunya landasan kita," tukas Ahmadi. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru