Jadikan Hari Kesaktian Pancasila untuk Mengingat Jasa Pahlawan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 01 Oktober 2019 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bersama instansi vertikal menggelar upacara hari kesaktian pancasila di hapaman Pemkab Kotim. Melalui momen ini diharapkan jadi pengingat jasa pahwalan yang sudah mempertahankan pancasila. 

"Jadikan moment Hari Kesaktian Pancasila untuk mengingat jasa pahlawan yang sudah berjuang mempertahankan pancasila," ujar Dandim 1015 Sampit Letkol Czi Akhmad Safari, saat menjadi inspektur upacara, Selasa, 1 Oktober 2019. 

Dia menceritakan bahwa pada 1 Oktober ini adalah hari gugur 7 orang jenderal TNI yang merupakan pahlawan revolusi. Mereka telah memperyahankan dan membela pancasila dari sejumlah kelompok yang ingin merubah ideologi Pancasila.

"Patut kita kenang 7 orang jenderal TNI tersebut, terutama perjuangan mereka dalam mempertahankan ideologi pancasila," kata Safari. 

Dia juga berharap dan meminta kepada masyarakat agar selalu mengaplikasikan pancasila sebagai dasar dalam kehidupan. Terutama dalam menjaga sebuah persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai dirusak oleh kelompok-klompok yang tidak bertanggungjawab. 

"Jadikanlah pancasila sebagai pemersatu bangsa. Dan tegakanlah Bhinneka Tunggal Ika, dan persatuan untuk bangsa ini," harap Safari. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru