Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendidikan Sistem Paling Efektif Tumbuh Kembangkan Nilai-nilai Pancasila

  • Oleh Ramadani
  • 01 Oktober 2019 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan, pendidikan merupakan sistem yang paling efektif dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus.

Sebab, melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik, bahkan masif.

“Pendidikan sangat penting bagi masa depan. Pendidikan merupakan proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Bukan hanya proses mentransfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik,” katanya saat upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa, 1 Oktober 2019.

Dia mengatakan, pendidikan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi bangsa yang cerdas. Pendidikan memegang peranan penting di dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini harus terus ditanamkan, terutama kepada generasi muda saat ini. Yakni melalui upaya pendidikan yang terstruktur dan berkelanjutan.

Untuk itu, penguatan pendidikan agama, pendidikan pancasila, pendidikan kewarganegaraan, dan terutama pendidikan sejarah indonesia merupakan media paling efektif untuk menumbuh kembangkan kesadaran bahaya ideologi lain seperti komunisme.

“Pancasila sebagai ideologi bagi bangsa Indonesia, akan tetap relevan dengan keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru