Aplikasi Dashboard Pelaporan Keuangan Daerah Diharapkan Beri Manfaat Besar Bagi Pembangunan

  • Oleh Ramadani
  • 01 Oktober 2019 - 14:12 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, Nadalsyah usai melaunching aplikasi dashboard pelaporan keuangan daerah mengharapkan agar aplikasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan.

Dikatakan Nadalsyah, Selasa 1 Oktober 2019, dashboard pelaporan keuangan daerah merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam memberikan informasi yang transparan, efisien dan akurat serta penyajian informasi tersebut sangat mudah karena telah berbasis elektronik dengan didukung dengan jaringan yang baik.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik walau dalam perjalanannya masih banyak yang harus disempurnakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang diperlukan.

Namun ini sudah menunjukkan itikad dan kepatuhan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam menjalankan dan melaksanakan transparasi laporan keuangan berbasis teknologi.

“Saya selaku kepala daerah akan terus mendorong dan mendukung inovasi peningkatan e-government yang baik dan bermanfaat bagi pembangunan Kabupaten Barito Utara,” terangnya.

Disampaikan, keterbukaan informasi yang disajikan secara elektronik tersebut sejalan dengan UU Nomor 14 Tahun 2018 tentang keterbukaan informasi publik. Selain itu, seuai dengan surat Komisi Pemberantasan Korupsi No. B/1457/KSP.00/10-16/05/2019 perihal transparasi pengelolaan keuangan daerah.

Serta Intruksi Menteri Dalam Negeri no.188.52/1797/SJ tentang peningkatan transparasi pengelolaan anggaran daerah, pemerintah provinsi/kabupaten/kota wajib mengumumkan informasi publik secara berkala melalui website resmi pemerintah provinsi/kabupaten/kota.

“saya harapkan, semoga kegiatan ini bermanfaat dan mendapatkan dampak positif sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan arah yang baik dalam pembangunan Kabupaten Barito Utara,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru