Kodim 1011/Kuala Kapuas Gelar Donor Darah Sambut HUT TNI

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Oktober 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Kodim 1011/Kuala Kapuas telah menggelar donor darah menyambut HUT ke-74 TNI. Dari bakti sosial yang dilaksanakan di aula Mako Kodim itu dihasilkan 31 kantong darah.

Dalam kegiatan bakti sosial donor darah ini Kodim 1011 Klk menggandeng PMI Cabang dari RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Pendonor berasal dari berbagai kalangan, terdiri dari Anggota Kodim 1011/Klk sebanyak 28 pendonor, Persit KCK Cabang XXXVII sebanyak 12 Pendonor, Polri 15 pendonor, Anggota Satpol PP 5 Pendonor, dan Anggota Damkar 8 Pendonor.

"Namun, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis RSUD Kapuas, pendonor yang memenuhi syarat hanya sebanyak 31orang saja," ucap Dandim 1011 Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono kepada wartawan, Selasa, 1 Oktober 2019.

Alasan utama banyaknya peserta yang belum bisa melakukan donor darah adalah karena masa tenggang waktu pendonor yang belum mencapai 3 bulan untuk melakukan tranfusi darah kembali.

"Banyak peserta yang mau ikut donor, tetapi belum bisa karena mereka baru saja melakukan donor darah kurang dari tiga bulan," katanya.

Selain itu, Dandim menjelaskan tujuan pelaksanaan kegiatan donor darah itu juga untuk membantu PMI dalam penyedian cadangan darah yang berada di Bank Darah dimana saat ini stok yang ada sangat terbatas.

"Kita berharap kegiatan yang sama bisa juga digelar di instansi Iain di yang ada di Kabupaten Kapuas,“ ajak Dandim. (DODI RIZKIANSYAH)

Berita Terbaru