Ziarah ke Makam Pendiri Kotawaringin Barat Jadi Rangkaian Peringatan HUT Kotawaringin Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 02 Oktober 2019 - 09:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka menyambut HUT Kotawaringin Barat (Kobar) ke-60, jajaran pemkab melaksanakan ziarah ke makam pendiri Kobar, Rabu, 2 Oktober 2019.

Ziarah ke makam pendiri itu diawali dengan upacara penghormatan yang dipimpin Bupati Kobar, Nurhidayah. Ziarah tersebut digelar pada dua tempat, yakni pemakaman umum di Kelurahan Sidorejo, dan pemakaman Gubah Bosar dan Gubah Kocit (Pemakaman Kesultanan) Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan.

Di sana, rombongan menziarahi makam Ratu Imanuddin atau Sultan Kutawaringin IX, dan Pangeran Ratu Achmad Hermansyah atau Sultan Kutawaringin X.

Tampak turut berziarah, Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah, Ketua DPRD Kobar, Rusdi Gozali, Kapolres Kobar, AKBP Arie Zulkarnain dan unsur forkopimda lainnya. Hadir juga jajaran SOPD hingga ahli waris dari para pendiri Kobar.

Ziarah ke makam itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. 

"Hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya nya kepada pendiri Kobar, atas jasa dan amal baktinya dalam membangun Kobar," kata Nurhidayah dalam pidatonya.

Usai pelaksanaan uapacara, seluruh peserta melakukan tabur bunga di atas makam para pendiri daerah berjuluk Bumi Marunting Batu Aji. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru