Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tunas Baru Lampung Siap Tambah Produksi Biodiesel

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 02 Oktober 2019 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Produsen minyak sawit mentah (CPO) beserta turunannya, PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) berkomitmen menambah kapasitas pabrik biodiesel.

"Salah satu alasan penambahan kapasitas untuk menyambut langkah pemerintah yang akan memberlakukan kebijakan penggunaan solar bercampur biodiesel 30% (B30) mulai tahun depan," kata Wakil Direktur Utama PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA), Sudarmono Tasmin, di Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Ekspansi pabrik ini dilakukan dengan menambah satu lini baru di pabrik yang berlokasi di Lampung. Pembangunan ini diperkirakan akan selesai pada akhir 2020.

Sebagai informasi, saat ini TBLA juga memiliki pabrik di Palembang, Sumatra Selatan dan Surabaya, Jawa Timur.

Lewat pembangunan ini, TBLA berencana menambah kapasitas pengolahan biodiesel sebanyak 1.500 ton per hari.  Sebelumnya, kapasitas total pabrik biodiesel TBLA hanya 1.000 ton per hari.

Jika dilihat secara tahunan, produksi biodiesel TBLA akan bertambah dari 300.000 ton menjadi 750.000 ton.

"Program B30 pemerintah juga berpengaruh ke permintaan biodiesel dalam negeri. TBLA mendapat kenaikan permintaan dari Pertamina, selain itu PT AKR dan Shell juga sudah mulai mengajukan permintaan biodiesel ke perusahaan," papar Sudarmono.

Sementara itu, dari pasar luar negeri, TBLA juga memperoleh tambahan permintaan, terutama dari China.

"Karena kapasitas kami sudah hampir penuh, kami hanya jual ke Pertamina dan China," ujar Sudarmono. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru