Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seram Bagian Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Pulang Pisau Sosialisasi Pencegahan Stunting di Desa

  • Oleh James Donny
  • 02 Oktober 2019 - 12:22 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pulang Pisau mengadakan sosialisasi konvergensi pencegahan stunting di desa. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Bappedalitbang Pulang Pisau, Rabu 2 Oktober 2019.

Kepala DPMD Pulang Pisau M Syaripul Pasaribu melalui Kepala Bidang Kelembagaan, Justina mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan karena pencegahan dan penanganan stunting telah menjadi agenda nasional.

Samua pihak, kementerian dan lembaga, pemerintah pusat sampai desa diminta terlibat dalam pencegahan stunting.

Menurutnya berbagai program telah dikembangkan, namun masalah stunting masih terjadi dan cenderung meningkat, sehingga pencegahan stunting menuntut adanya konvergensi pengelolaan kegiatan program dan layanan secara terpadu.

Syaripul juga mengatakan Kementerian Desa PDTT melaIui Direktorat Pelayanan Sosial Dasar mengarahkan dukungannya atas pencegahan dan penanganan stunting dengan pendekatan konvergensi 5 layanan utama pencegahan.

"Yakni layanan kesehatan ibu dan anak, integrasi konseling gizi, air bersih dan sanitasi, perlindungan social dan layanan PAUD," terangnya.

Dalam kegiatan itu dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Susilo I Tamin, dan menghadirkan sejumlah nara sumber.

Di antaranya Kepala DPMD M Syaripul Pasaribu yang menyampaikan terkait dengan konvergensi pencegahan stunting di desa dan dari Dinas Kesehatan Pulang Pisau yakni Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ma'ruf Kurkhi terkait program pengembangan kampung sadar gizi di Kabupaten Pulang Pisau. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru