Kementerian Agama Kapuas Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama dengan Laksanakan Dialog Bersama Umat Hindu

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 02 Oktober 2019 - 14:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Kapuas terus berupaya meningkatkan kerukunan umat beragama dan di antaranya lewat dialog kerukunan umat Hindu, Rabu 2 Oktober 2019.

Kegiatan itu diikuti puluhan peserta dari lembaga dan tokoh agama umat Hindu di wilayah Kapuas dengan menghadirkan pemateri dari Bidang Bimas Hindu Kanwil Kemenag Kalteng Sisto Hartati.

Hadir juga Kepala Kantor Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni dan Parisad Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kapuas I Wayan Sindra.

Ketua Panita kegiatan I Nyoman Arsana mengatakan diadakannya dialogi itu untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama dengan mengumpulkan tokoh umat Hindu yang ada di Kabupaten Kapuas untuk menyatukan pendapat.

“Sudah kami laksanakan kegiatan itu. Kita semua dalam keragaman harus bersatu, jangan melihat adanya perbedaan," ucap Nyoman dalam dialog.

Sementara itu pemateri Sisto Hartati mengatakan perkembangan umat Hindu di Kapuas tumbuh sangat cepat terutama di Kecamatan Basarang dan Tamban Catur.

"Untuk itu melalui program Bimbingan Masyarakat Hindu akan terus kita tingkatkan sinergitas antara Lembaga Keagamaan Hindu dengan pemerintah daerah untuk berupaya meningkatkan toleransi antar umat beragama," tuturnya.

Sedangkan Kepala Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni menambahkan melalui dialog kerukunan umat beragama dengan lembaga dan tokoh agama Hindu untuk menjalin silaturahmi antar tokoh agama Hindu, dikumpulkan dan diajak berdialog bertukar informasi untuk menjaga kerukunan beragama di Kapuas ini.

“Saya berharap dengan adanya kegaitan ini bisa meningkatkan toleransi kerukunan umat beragama, karena dengan berdialog, bertukar pendapat, berbagi informasi, membuka wawasan untuk saling menjaga pondasi yang penting untuk kerukunan umat beragama,” harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru