Dinas Kesehatan Gunung Mas Ajak Masyarakat Minum Obat Pencegah Penyakit Kaki Gajah

  • Oleh Magang 1
  • 02 Oktober 2019 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Kesehatan Gunung Mas mengajak masyarakat di daerah ini yang berusia 2 - 70 tahun untuk meminum obat pencegahan penyakit kaki gajah.

Kepala Dinkes Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti melalui Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyampaikan, obat itu diberikan dalam program Pemberian Obat Pencegahan Massal atau POPM Filariasis sebanyak 1 dosis setiap tahun, selama 5 tahun berturut-turut.

“Di Kabupaten Gunung Mas, POPM Filariasis sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Artinya, tahun ini merupakan tahun ke 4,” ujarnya melalui pesan singkat, Rabu, 2 Oktober 2019.

POPM Filariasis menyasar masyarakat berusia 2-70 tahun. Akan tetapi, ada juga sasaran yang ditunda karena beberapa alasan seperti ibu hamil dan penderita gangguan fungsi ginjal.

Lalu penderita gangguan fungsi hati, penderita epilepsi, sedang sakit berat, penderita kronis filariasis dalam serangan aku, anak dengan marasmus dan atau kwashiorkor.

“Untuk obatnya tersedia di fasilitas kesehatan. Disamping itu, petugas di puskesmas juga aktif melakukan pelacakan ke masyarakat,” ucapnya. (MAGANG 1/B-5)

Berita Terbaru