Status Siaga Darurat Karhutla, Layanan Kesehatan Kembali Seperti Semula

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 02 Oktober 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya menegaskan dengan penurunan status tanggap darurat Karhutla menjadi siaga darurat palayanan kesehatan untuk masyarakat Palangka Raya dikembalikan seperti biasa.

Pelayanan oksigen di layanan kesehatan seperti puskesmas maupun RSUD Kota Palangka Raya juga masih ada, hanya memang disesuaikan dengan kondisi keluhan medis pasien.

“Kalau ada kasus perlu oksigen tetap dilayani. Karena oksigen merupakan alat atau bahan pelayanan kesehatan standar yang ada di setiap puskesmas,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Rabu 2 Oktober 2019.

Dia menegaskan untuk pelayanan kesehatan di puskesmas maupun layanan kesehatan lainnya milik pemerintah akan dilakukan penanganan sesuai dengan indikasi medis.

“Intinya untuk pelayanan masyarakat di bidang kesehatan disediakan oleh puskesmas dan RSUD Kota sesuai dengan indikasi medisnya,” tegasnya.

Layanan kesehatan juga dilakukan secara berjenjang sesuai dengan kemampuan layanan dan menggunakan rujukan jika memang nantinya memerlukan penanganan lebih lanjut. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru