Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Tanggap Darurat Bencana Karhutla Kotim Belum Dicabut Meskipun Sudah Hujan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Oktober 2019 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Status tanggap darurat bencana Karhutla atau kebakaran hutan dan lahan belum dicabut. Meskipun saat ini di Sampit dan sejumlah kecamatan di Kotawaringin Timur sudah diguyur hujan. 

"Status tanggap darurat bencana Karhutla belum dicabut, meskipun dalam beberapa hari ini hujan mengguyur Sampit dan sekitarnya," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Rabu, 2 Oktober 2019. 

Tidak dicabutnya status tanggap darurat tersebut, karena dari prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kemarau di Kotim masih akan terjadi hingga akhir Oktober 2019 mendatang. Sehingga potensi Karhutla masih kemungkinan terjadi, apalagi musim panas kembali melanda daerah ini. 

"Jadi kita lihat dulu dalam beberapa hari kedepan, baru akan mengambil keputusan kembali," kata Halikinnor. 

Saat ini tim Satgas Karhutla juga masih bertugas di posko induk yang berada di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka selalu siap jika nantinya kebakaran kembali marak terjadi di Kotim ini.

"Posko induk masih tetap menjadi tempat tim Satgas Karhutla Kotim, sedangkan dua posko bantu sudah ditutup," terang Halikinnor. 

Pihaknyapun saat ini berharap dan meminta doa kepada seluruh masyarakat di Kotim agar musim kemarau bisa segers berakhir. Dan hujan berkah kembali datang di Kotim. Sehingga musibah kebakaran lahan tidak lagi terjadi di daerah ini. Begitu juga kualitas udara kembali membaik dan bebas dari kabut asap. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru