Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

43 Desa di Kotawaringin Timur akan Gelar Pilkades Awal 2020 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Oktober 2019 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 43 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akan menggelar pemilihan kepala desa atau Pilkades pada awal 2020. 

"Ke- 43 desa kami rencanakan menggelar Pilkades pada Februari atau awal Maret tahun 2020 mendatang," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kotim Hawianan, Rabu, 2 Oktober 2019. 

Dirinya menjelaskan, penetapan calon kepala desa di 43 desa tersebut harus selesai pada Februari 2020 mendatang. Sehingga pada Februari atau Maret bisa segera dilaksanakan pemilihan. Dan pada awal April akan dilakukan pelantikan nantinya. 

"Mudah-mudahan hal itu nantinya berjalan lancar, sehingga tidak ada penundaan hingga pelantikan," kata Hawianan. 

Dirinya juga menjelaskan, pihaknya sendiri sebenarnya hendak melaksanakan pemilihan kepala desa serentak pada 2019 ini. Namun karena keterbatasan anggaran dan yang baru disetujui pada anggaran perubahan beberapa waktu lalu hanya Rp 1 miliar, membuat penetapan calon dan pemilihan dilaksanakan pada 2020 mendatang. 

"Anggaran daerah cukup terbatas, apalagi saat ini menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada), sehingga anggaran harus terbagi," terang Hawianan. 

Meskipun begitu, pihaknya terus berupaya agar pemilihan kepala desa hingga pelantikan dilaksanakan sebelum Pilkada berlangsung. Sehingga tidak terganggu nantinya. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru