3 Hal Ini Jadi Catatan Bupati Katingan di Pemilu 2019

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Oktober 2019 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan menyampaikan tiga hal kepada penyelenggara pemilihan umum baik Komisi Pemilihan Umum atau KPU maupun Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu saat membuka evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 dan penyerahan piagam penghargaan di aula Bappelitbang, Rabu, 2 Oktober 2019.

Sebagai Bupati Katngan sekaligus sebagai ketua partai politik atau parpol, Sakariyas menyampaikan beberapa catatan penyelenggaraan pemilihan presiden dan pemilihan umum wakil presiden dan pemilihan umum anggota legislstif tahun 2019.

"Masih banyak anggota KPPS pada saat pemungutan dan perhitungan suara belum memahami tugas-tugasnya. Kemudian pemungutan dan perhiungan suara yang terlalu pendek sehingga banyak sekali petugas yang mengalami kelelahan," kata Bupati Sakariyas.

Selain itu, kata Bupati Sakariyas waktu yang singkat saat rekapitulasi di kecamatan membuat anggota PPK dan saksi partai politik bekerja siang dan malam. "Diharapkan kondisi ini menjadi perhatian kita semua, agar kedepannya kegiatan penyelenggaraan pemilu serentak berikutnya tercipta suasana yang menggembirakan," harapnya.

Dari kelemahan-kelemahan dan kekurangan dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 haruslah menjadi pelajaran dan rapat evaluasi ini merupakan pendekatan yang lebih efdktif untuk menjaga suasana yang kondusif penuh kekeluargaan, dan kepada semua pihak yang berperan positif dalam penyelenggaraan pemilu presiden dan wakil presiden dan pemilihan umum anggota legislstif serentak tahun 2019.

Pada acara rapat evaluasi dan penyerahan piagam penghargaan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan dalam penyelenggaraan pemilu 2019, KPU Katingan memberikan piagam penghargaan kepada Bupati Katingan Sakariyas, Kapolres Katingan, Perwira Penghubung Kodim Sampit di Kasongan, Kejari Kasongan, Ketua Pengadilan Negeri Kasongan, Bawaslu Katingan dan sejumlah organisasi. Penghargaan diberikan atas partisipasi mereka yang turut mensukseskan pemilu 2019. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru