TMMD Bantu Pemerintah Ciptakan Suasana Kondusif

  • Oleh Ramadani
  • 03 Oktober 2019 - 02:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertujuan membantu pemerintah daerah dalam menciptakan suasana kondusif. Suasana ini penting bagi terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang dilaksanakan melalui pembangunan sasaran fisik dan non fisik.

Nadalsyah mengatakan, untuk sasaran fisik yang dilaksanakan dalam program TMMD kali ini adalah pembukaan badan jalan di desa Muara Bakah dengan panjang 6 kilometer dan lebarnya 10 meter.

Serta pembuatan parit kanan kiri jalan sepanjang 12 kilometer dengan lebar 1 meter dan sedalam 1 meter. “Hal ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan roda perekonomian daerah serta dapat menghubungkan antar desa,” ujarnya, Rabu 2 Oktober 2019.

Sedangkan, lanjut dia, sasaran non fisik, berupa penyuluhan yang akan dilaksanakan di desa Mukut Kecamatan Lahei secara bergantian dengan beberapa materi yang meliputi penyuluhan kesadaran bela negara oleh Dandim 1013 Muara Teweh, penyuluhan Kamtibmas  dan narkotika oleh Polres Barito Utara.

Selanjutnya, penyuluhan kesehatan lingkungan oleh dinas kesehatan Kabupaten Barito Utara, serta penyuluhan pertanian, perkebunan dan peternakan untuk kelompok petani hortikultura/ sayur-sayuran dan ladang lahan kering oleh dinas pertanian Barito Utara.

Ia berharap melalui penyuluhan tersebut akan dapat mendorong laju tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial  yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.

"Tentunya semua program yang dilaksanakan selaras dengan tema TMMD imbangan ke 106 yaitu kita wujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat. Semoga melalui tema ini dapat terus dijadikan pendorong untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah, untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera," pungkasnya. (RAMADHANI/m)

Berita Terbaru