Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas di Pulang Pisau Diminta Kembangkan Inovasi

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 03 Oktober 2019 - 03:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Puskesmas di Kabupaten Pulang Pisau diminta untuk berinovasi dalam hal pelayanan. Khususnya dalam hal pelayanan terhadap pemeriksaan kesehatan bayi. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau melalui Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Ma'ruf Kurkhi mengatakan, pemeriksaan terhadap bayi ini sangat penting. Sehingga untuk merangsang agar ibu rutin membawa bayinya cek kesehatan, maka Puskesmas harus memiliki inovasi. 

"Inovasi ini maksudnya bagaimana caranya Puskesmas menarik dan memotivasi agar ibu rutin membawa bayinya periksa ke Puskesmas," kata Ma'ruf, Rabu 2 Oktober 2019. 

Ia menambahkan, seperti contoh di wilayah Kecamatan Kahayan Kuala. Di sana Puskesmas memprogramkan wisuda bagi bayi yang rutin melakukan pemeriksaan selama lima tahun. 

"Itu bekerjasama dengan Camatnya. Jadi bayi yang lima tahun rutin dibawa ibunya ke Puskesmas untuk periksa itu akan diwisudakan dan diberikan sejumlah uang," ujar dia. 

Ma'ruf mengungkapkan, hal lainnya bisa dengan cara membuat acara misal pada momen-momen tertentu khusus lomba untuk bayi dengan gizi terbaik. Khusus bayi yang gizinya baik maka itu yang jadi pemenangnya dan mendapat hadiah. 

"Inovasi-inovasi seperti ini yang harus dilakukan oleh Puskesmas. Karena pemeriksaan rutin terhadap bayi ini sangat penting. Selain itu kesadaran ibu juga sangat dibutuhkan," tandasnya. (M.BADARUDIN/m)

Berita Terbaru