Gubernur Apresiasi Kinerja Pemkab Kobar dalam Menangani Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 03 Oktober 2019 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke - 60 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis, 3 Oktober 2019. Dalam pidatonya, Gubernur mengapresiasi kinerja Pemkab Kobar dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Saya mengapresiasi kinerja pemkab dan Satgas Karhutla di Kobar yang telah menindak tegas para pelaku karhutla, serta dampaknya tidak separah di beberapa wilayah Kalteng lainnya," ungkap Gubernur.

Upacara HUT ke - 60 Kobar dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kobar dihadiri beberapa tamu dari pemerintah provinsi, Setda Kalteng Fahrizal Fitri, Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Wakil Bupati Lamandau Riko Purwanto, dan Wakil Bupati Seruyan Iswanti.

Dalam kesempatan itu, Gubernur berpesan di tahun yang akan datang (2020) para pemerintah kabupaten di Kalteng agar lebih siap dengan mempersiapkan dan menambah alat pemadam kebakaran.

"Maka di tahun 2020 insyaallah lebih siap. Maka meminta kepada seluruh Bupati siapkan alat, buat embung, perkuat kanal, dan kolam - kolam," ujar Gubernur Sugianto.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat jangan sampai di tahun yang akan datang membakar hutan dan lahan. Sebab kondisi lahan di Kaltang berupa gambut, sehingga sangat susah dipadamkan.

Gubernur mengapresiasi kinerja Kapolres Kobar dan Dandim 1014/Pbn yang telah menindak tegas para pelaku karhutla. "Semoga masyarakat semakin sadar untuk tidak membakar hutan dan lahan," tuturnya. (DANANG/ADV/B-3)

Berita Terbaru