Air Sungai Katingan Pasang namun Berbusa dan Bergelembung

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 Oktober 2019 - 18:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak dua hari terakhir seiring datangnya hujan menyebabkan daerah aliran sungai Katingan di Kabupaten Katingan mulai pasang, namun airnya berbusa dan bergelembung.

Dari pantauan borneonews.co.id, Kamis, 3 Oktober 2019 di Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan di Kasongan terlihat selain berbusa, air Sungai Katingan juga tampak keruh dan bercampur lumpur.

Sejumlah warga yang ditemui mengaku perubahan air Sungai Katingan ini yang keruh dan berbusa itu karena sebelumnya terjadi kemarau cukup lama dan menyebabkan sungai surut.

"Dan saat turun hujan air dari anak sungai di wilayah hulu kembali mengalir dan membawa berbagai jenis sampah seperti batang kayu, dan lainnya hingga menimbukkan air berbusa dan keruh," kata Dedi warga Kasongan.

Air Sungai Katingan kembali pasang karena hampir sekuruh wilayah kecamatan di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Kotawaringin Timur ini sejak beberapa hari terakhir diguyur hujan lebat.

Di Kasongan, dalam dua hari ini terjadi hujan lebat yaitu pada Rabu, 2 Oktober sore dan Kamis, 3 Oktober 2019 siang. Meski hujan tidak berlangsung lama, namun dapat menyingkirkan kabut asap yang sebelumnya mengurung wilayah Kasongan dan sekitarnya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih belum membubarkan tim gabungan pencegahahan dan pemadaman karhutla dengan alasan hujan masih belum merata.Selain itu di wilayah Katingan masih terdapat titik api meski jumlahnya relatif kecil. "Kita sambil koordinasi dengan pihak BNPB Kalteng, namun apabila curah hujan makin tinggi bisa saja tim gabungan itu dibubarkan lebih cepat dari jadwal sebelumnya," katanya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru