Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kotim: Anak Zaman Moderen Harus Tahu Sejarah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 03 Oktober 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekda Kotim Halikinnor mengatakan, anak zaman moderen seperti saat ini diharapkan mengetahui sejarah. Terutama terkait dengan peninggalan orangtua zaman dulu. Sehingga, mereka mengerti apa saja yang dilakukan oleh orangtua sebelum datang di era moderen seperti saat ini. 

"Anak-anak kita harus diberikan pelajaran sejarah, jangan sampai mereka tidak tahu di tengah era moderen seperti saat ini," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, kepada wartawan, Kamis, 3 Oktober 2019. 

Sekda menjelaskan, melalui catatan sejarah dapat memotivasi seseorang berbuat lebih baik dari nenek moyangnya. Bahkan terpenting dalam pemahaman peristiwa masa lalu, akan menggugah kesadaran sejarah yang bersifat kolektif yaitu bentuk pengalaman bersama sebagai ungkapan reaksi mereka kepada situasi dalam peristiwa sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dari masa ke masa.

"Sehingga anak-anak tidak hanya tahu dengan kacanggihan dunia saat ini saja. Namun mereka dapat mengerti apa yang telah dilakukan orsngtua jaman dulu sebelum mereka," kata Halikinnor. 

Dirinya juga berharap agar anak-anak tidak hanya meneliti teknologi yang ada saat ini. Namun teliti juga bendagbenda bersejarah yang ada di daerah ini. 

Apalagi di Kotim memiliki museum kayu yang bisa dijadikan tempat penelitian. Di tempat tersebut banyak sejarah betapa majunya Kotim ini atas hasil hutannya. 

"Saya harap para guru maupun orangtua, perbanyak bawa anaknya ke Museum Kayu ataupun tempat bersejarah lainnya di Sampit sehingga pengetahuan anak semakin luas nantinya," harap Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru