Dinas Sosial Kapuas Siapkan Rencana Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai via E-Warung

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 03 Oktober 2019 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial Kabupaten Kapuas sedang mempersiapkan rencana penyaluran bantuan pangan non tunai melalui E-Warung, sesuai dengan program pemerintah pusat.

Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan peluncuran program tersebut. Persiapan yang sudah dilakukan di antaranya melakasanakan sosialisasi bantuan pangan non tunai itu kepada agen maupun kelompok penerima manfaat.

"Tapi kita siapkan perangkatnya dulu. Kita tidak ingin terburu-buru agar saat diluncurkan tidak kebingungan. Karena sudah matangnya program ini," ujar Budi kepada wartawan, Kamis, 3 Oktober 2019.

"Karena sesuai peraturan pemerintah, semua bentuk program bantuan itu diubah jadi non tunai," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan warung atau agen sudah disiapkan oleh pihak bank dalam pelaksanaan E-Warung. Termasuk sudah disosialisasikan kewajiban dan haknya seperti apa.

"Karena nantinya akan menggunakan sistem gesek dengan kartu," tuturnya.

Budi menyebutkan, pelaksanaam program itu nanti kuncinya ada di E-Warung tersebut. Seperti harus memiliki mesin edisi elektronik data capture. Karena sistem kartu digesek.

"Kami mendorong agen-agen yang ada itu dari pedagang lokal setempat. Karena ini bisa menghidupkan UMKM dan memperkuat persaingan dengan retail modern. Jadi kita perkuat mereka," sebutnya.

"Karena agen ini sebenarnya tidak ada modal, hanya menyiapkan tempat saja. Karena barang sudah disiapkan, pembelinya sudah ada dari KPM itu sekitar 11 ribu sekian itu," sebutnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru