Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLTS di Desa Tumbang Kanei Sudah 2 Tahun Tidak Berfungsi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 04 Oktober 2019 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS di Desa Tumbang Kanei, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan tidak berfungsii sejak dua tahun terakhir.

PLTS di Tumbang Hangei ini mulai berdiri pada 2012 lalu dan beroperasi. Saat itu mampu menerangi 70 rumah di sana. PLTS itu juga merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral pusat.

"Sejak tahun 2012 - 2017, PLTS mampu menerangi 70 rumah warga," kata Kepala Desa Tumbang Kanei, Rujianto, Jumat, 4 Oktober 2019.

Akan tetapi, sejak 2017 sampai saat ini, sekitar dua tahun PLTS di desanya berhenti beroperasi karena adanya kerusakan. Baik pada panel maupun aki penyimpan setrum atau energi.

Sempat ada perbaikan dari pihak Dinas Pertambangan dan Energi Kalteng, namun saat itu PLTS hanya menyala sebentar, kemudian kembali rusak dan akhirnya tidak menyala lagi. Lambat laun perangkat PLTS seperti panel mulai dicuri maling, hingga aparatur desa mengamankan panel untuk disimpan di gudang milik desa.

"Sudah sering kami hubungi lewat telpon pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalteng dan Kementerian ESDM terkait rusaknya PLTS itu agar bisa dibantu untuk diperbaiki, namun sampai saat ini belum ada tindakan," katanya.

Aduan juga disampaikan ke Bagian Sumber Daya Alam Setda Katingan. Dan belum lama ini ada petugas dari SDA Setda Katingan yang mengecek termasuk mengambil gambar panel dan aki PLTS yang kini disimpan di gudang itu.

"Belum ada kabar selanjutnya terkait perbaikan PLTS di desa kami ini. Kalau memang ada perbaikan, desa kami akan kembali terang, tapi kalau tidak ya gelap-gelapan terus," imbuh Rujianto. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru