Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Ini, Kualitas Udara Jakarta Terburuk Kedua di Dunia

  • Oleh Tempo.co
  • 04 Oktober 2019 - 11:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - DKI Jakarta kembali menempati peringkat kedua sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia pada Jumat pagi, 4 Oktober 2019. Peringkat kualitas udara Jakarta ini naik dari hari sebelumnya di peringkat keempat.

Berdasarkan data dari laman AirVisual.com pada pukul 06.27 WIB, kualitas udara ibu kota saat ini mencapai angka 187 berdasarkan AQI atau indeks kualitas udara dengan status udara tidak sehat. Peringkat tersebut setara dengan nilai polutan sebesar 125 µg/m³ dengan perimeter PM 2.5.

Kualitas udara terburuk pertama ditempati oleh kota Hanoi di Vietnam dengan nilai cukup tinggi, yakni 204 berdasarkan AQI atau setara dengan PM 2.5 sebesar 153,8 µg/m³.

Pada posisi ketiga ditempati oleh Kota Kuwait di Kuwait dengan status udara tidak sehat. Dubai memiliki kualitas udara dengan indeks 158 berdasarkan AQI atau setara dengan PM 2.5 sebesar 68,4 µg/m³. Di posisi keempat Kota Kuala Lumpur di Malaysia memiliki kualitas udara terburuk di dunia dengan AQI sebesar 158 atau setara PM2.5 sebesar 69,4 µg/m³.

Di posisi kelima Kota Astana di Kazakhstan memiliki kualitas udara terburuk di dunia dengan AQI setingkat di bawah Malaysia, yakni sebesar 157 atau setara PM2.5 sebesar 67 µg/m³.

Kelima negara tersebut memiliki status udara tidak sehat dan masyarakat lebih disarankan untuk beraktivitas di dalam ruangan. Jika masyarakat ingin beraktivitas di luar ruangan, pemakaian masker dianjurkan agar tidak terpapar partikel halus udara yang berbahaya bagi kesehatan saluran pernafasan.

Sejak Agustus 2019, masyarakat Jakarta harus menghirup udara dengan kualitas udara buruk berdasarkan laporan kualitas udara di situs AirVisual.com.

Buruknya kualitas udara Jakarta telah dibawa ke meja hijau oleh kelompok masyarakat bernama Ibu Kota yang menggugat tujuh pejabat di Indonesia. Dua di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta. (TEMPO.CO/B-11)

Berita Terbaru