Stok Darah Golongan A di PMI Kotawaringin Timur Menipis 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Stok darah golongan A di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia atau PMI Kotawaringin Timur saat ini sedang menipis. Kondisi ini diharapkan agar warga pemilik golongan darah tersebut dapat mendonorkannya. 

"Stok darah golongan A di UDD PMI saat ini sedang menipis, sehingga sangat dibutuhkan masyarakat yang memiliki golongan darah tersebut untuk mendonorkan," ujar Kepala UDD PMI Kotim Yuendri Irawanto, Jumat, 4 Oktober 2019. 

Dirinya menjelaskan, stok darah di UDD PMI Kotim terus berubah setiap harinua. Tergantung dengan banyaknya jumlah pendonor dan pasien yang menjalani pengibatan sebagai penerima manfaat di rumah sakit. Dan pada hari ini, khusu golongan darah A sedang dalam kondisi sangat menipis. Bahkan pada pagi ini hanya tersedia kurang dari 10 kantong. 

"Pagi ini stok darah golongan A kurang dari 10 kantong, sedangkan golongan B masih tersedia 71 kantong, begitu juga dengan golongan O masih ada 56 kantong," kata Yuendri. 

Menipisnya golongan darah tertentu merupakan hal yang sudah sering terjadi. Sebab donor dan pemanfaatannya bersifat fluktuatif, sehingga tidak dapat ditebak. Sehingga hal itulah yang membuat mereka mengharapkan pendonor darah golongan A. 

Sementara, belakangan ini pemanfaatan darah telah mengalami pergeseran. Warga yang mejalani perawatan dan membutuhkan darah, bergeser dari bedah menjadi penyakit dalam. 

Meski begitu, sejauh ini PMI Kotim tidak pernah mengalami kekosongan darah. Karena saat stok darah untuk golongan tertentu menipis, mereka segera menginfomrasikannya kepada warga yang rutin melakukan donor darah. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru