Napi Lapas Masih Didominasi Kasus Narkotika

  • Oleh Agus Priyono
  • 04 Oktober 2019 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Jumlah narapidana (napi) yang menjalani hukuman di Lapas Kelas IIA Palangka Raya hingga saat ini masih didominasi oleh napi dari kasus narkotika.

Kepala Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya Syarif Hidayatullah melalui Kasi Binadik Irvan mengatakan, saat ini jumlah total napi yang mejalani hukuman di Lapas Palangka Raya berjumlah 750 orang. Dengan 326 di antaranya adalah napi narkotika.

Kemudian, untuk narapidana dari pidana umum lainnya yang menjalani hukuman di Lapas Palangka Raya berjumlah 232 orang. Sisanya yakni 56 orang adalah narapidana dengan kasus tindak pidana korupsi.

"Saat ini masih narkotika yang dominan di Lapas jumlahnya 300 lebih. Sisanya pidum dan tipikor," ujar Irvan, Jumat, 4 Oktober 2019.

Terkait hal tersebut, ia mengatakan, narkotika ini adalah musuh bersama. Jadi bukan hanya penegak hukum saja yang harus bertindak untuk memeranginya. Tapi juga masyarakat sangat berperan untuk bisa memberantas narkotika.

"Narkotika ini berbahaya dan musuh semua. Jadi masyarakat juga harus terlibat dalam mengatasi itu biar jumlah mereka yang masuk di sini karena narkotika juga berkurang," pungkasnya. (AGUS/B-2)

Berita Terbaru