Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tuban Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya ini Punya Pandangan Sendiri tentang TNI

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 04 Oktober 2019 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Membahas tentang Tentara Nasional Indonesia atau TNI, pikiran masyarakat pada umumnya pasti akan membayangkan tentang perang. Namun berbeda dengan Louis, warga Jalan Tjilik Riwut, Km 13, Kota Palangka Raya.

Saat diwawancarai, Jumat 4 Oktober 2019 sekitar pukul 18.00 WIB, ia memiliki pandangan sendiri mengenai TNI.

Kurang lebih setengah jam berbincang-bincang, laki-laki yang sudah puluhan tahun berada di Kalteng ini mengisahkan tentang kedekatan para anggota TNI dengan warga, termasuk pengalaman dirinya. 

"Di Parenggean itu tentara dengan masyarakat sangat akrab. Masyarakat cetak batu pasti mereka juga bisa cetak batu. Masyarakat kerja rumah pasti mereka juga ikut kerja rumah," kisah warga Parenggean yang sudah memiliki usaha warung kopi di Palangka Raya itu.  

Bahkan, lanjutnya,  pernah sekali ada tentara membantu dia mengangkat buah sawit ketika melihat dirinya kecapaian seusai panen.

Ketika ditanya tentang harapannya di HUT ke - 74 TNI, laki-laki kelahiran NTT ini mengharapkan semoga TNI yang yang terlahir dari rakyat selalu berbakti kepada rakyat. Pendekatan bedil bukan lagi efektif di zaman sekarang ini. Rakyat butuh TNI yang berbakti dan punya hati. 

"Masyarakat kita kalau TNI dekat dan akrab dengan rakyat maka mereka tidak akan takut ketika berbicara atau berkonsultasi saat ada persoalan. Tetapi kalau seperti zaman dulu pikiran rakyat hanya tahu tentara itu urusan perang," ujar laki-laki yang suka berdiskusi tentang politik ini.

Semoga di usia yang ke - 74 ini, TNI selalu menjadi institusi yang berbakti dan mengabdi bagi NKRI. (ARNOL/B-3)

Berita Terbaru