Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Program Inovasi Desa di Gunung Mas

  • Oleh Magang 1
  • 05 Oktober 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Ketua Pokja Tim Inovasi Kabupaten atau TIK Gunung Mas, Yulius Agau mengatakan bahwa Program Inovasi Desa atau PID bertujuan meningkatkan kapasitas desa.

Hal itu disampaikan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ketua Pokja Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa PPID TIK Gunung Mas, Herianto saat monitoring dan evaluasi PID Kecamatan Rungan, Rungan Hulu dan Rungan Barat, Sabtu, 5 Oktober 2019.

“PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing,” ucapnya.

Ia menuturkan, PID merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawa Cita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah atau RPJMN 2015-2019.

PID adalah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dipetik dari hasil kerja desa-desa dalam melaksanakan pembangunan desa yang sudah ada atau terbaru dalam bentuk barang atau jasa, yang dapat memberikan nilai tambah secara berkelanjutan.

“Berkelanjutan yang dimaksud disini baik melalui pembangunan infrastruktur pengelolaan sumber daya manusia, ekonomi dan sosial budaya,” ucapnya. (MAGANG 1/B-11)

Berita Terbaru