Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sudah Bisa Urus Paspor di Pangkalan Bun

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Oktober 2019 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah bisa lebih mudah mengurus dokumen keimigrasian seperti paspor di Pangkalan Bun.

Hal ini seiring peresmian Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II TPI Sampit di Jalan Edy Swargono, Pangkalan Bun, oleh Direktur Lalu Lintas Kemigrasian, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Cucu Koswala yang mewakili Dirjen Imigrasi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kobar Nurhidayah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalteng, Ilham Djaja, Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan perwakilan berbagai instansi swasta di Kobar.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan dengan adanya UKK Imigrasi Kelas II merupakan hal yang sudah lama ditunggu masyarakat Kobar.

"Karena tingginya animo masyarakat barat berpergian ke luar negeri khususnya untuk Ibadah Haji dan Umrah. Jadi ini membuat Pemkab Kobar berupaya mewujudkan keberadaan UKK imigrasi ini," jelas Nurhidayah.

Bupati Kobar menambahkan, berdasarkan data masyarakat yang melaksanakan haji dan umroh di tahun 2019 ini sampai dengan bulan September ada sejumlah 788 jiwa.

"Karena itulah dengan adanya UKK Imigrasi ini  merupakan kado istimewa pada HUT ke 60 Kabupaten Kobar. Keberadaannya memudahkan masyarakat Kobar dan kabupaten sekitarnya, seperti Lamandau, Sukamara, dan sebagian Seruyan untuk mengurus paspor. Jadi tidak lagi menempuh perjalanan yang jauh ke Kotim," jelas Bupati.

Terlebih, lanjut Bupati, keberadaan UKK Imigrasi ini juga mempermudah bagi warga negara asing yang mengurus kartu izin tinggal terbatas (Kitas) untuk bekerja pada berbagai perusahaan di Kobar dan sekitarnya.

"Selain itu dengan adanya UKK Imigrasi ini juga berdampak positif bagi kemajuan dunia pariwisata di Kabupaten Kobar, yang merupakan salah satu prioritas pembangunan kita," jelas Bupati. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru