Bupati Katingan Buka Festival Seni Qasidah Kabupaten di Tumbang Samba

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Oktober 2019 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas membuka festival seni qasidah FSQ ke VI tingkat kabupaten di Lapangan Batu Munduk TUmbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Jumat, 4 Oktober 2019 malam.

Pembukaan FSQ malam ini dimeriahkan pertunjukkan artis Sulis dari Jakarta. Sejumlah pejabat Pemkab Katingan hadir pada pembukaan FSQ malam in.

FSQ ke VI tingkat Kabupaten Katingan ini diikuti oleh 15 kafilah dari 13 wilayah kecamatan yang ada di Katingan.

Dalam kesempatannya, Bupati Katingan, Sakariyas mengatakan, seni qasidah merupakan seni budaya Islami, memiliki arti strategis sebagai bagian dari pembinaan umat.

Melalui festival seni budaya Islami seperti yang dilaksanakan sekarang ini dengan syair-syair dan lantunan lagu religius yang positif dan edukatif, untuk memotivasi para remaja sebagai generasi penerus bangsa.

"Sebab kegiatan seperti ini merupakan alat paling praktis dan persuasif guna membendung limbah informasi yang merusak moral, serta dapat memberikan manfaat bagi generasi muda untuk taat kepada ajaran agama," kata Sakariyas. 

Sementara, Ketua DPD Lembaga Seni Qasidah Indonesia Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie mengatakan kegiatan festival seni qasidah ini merupakan salah satu program pokok DPD Lasqi Kabupaten Katingan. Diharapkan, dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan seni qasidah di Katingan.

"Kami meyakini bahwa kegiatan semacam ini akan dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan para pengurus Lasqi, seluruh peserta, serta masyarakat," kata Endang Susilawatie. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru