DPRD Minta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Inventarisasi Sanggar di Kotim

  • Oleh Naco
  • 05 Oktober 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Hj Darmawati menyarankan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk mengiventarisasi semua sanggar seni dan budaya yang ada di Kotim. Agar diketahui jumlahnya.

Terkait itu, DPRD bisa mengarahkan kebijakan bagi pemerintah daerah untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan dengan baik.

Dia menginginkan agar sanggar seni dan kebudayaan lokal ini diberdayakan bahkan harus dibina dengan baik. Baik itu di bawah pemerintah kabupaten atau organisasi lainnya

Darmawati juga mengajak agar pemerintah kabupaten bersinergi dengan ormas lokal yang peduli akan kesenian dan kebudayaan. Apalagi sekarang kebudayaan lokal sudah hampir punah ini. 

"Saya melihat selama ini ormas hingga sanggar seni yang ada kerap diabaikan dan tidak mendapatkan perhatian," katanya, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Padahal, jika setiap sanggar dibantu dana meski tidak besar, misalnya dalam setahun Rp 50 juta untuk dikelalo, diyakini kesenian dan kebudayaan daerah ini akan maju. 

Darmawati kerap langsung berinteraksi dengan mereka yang bergerak di dalam bidang tersebut. Pada intinya, kendala mereka yakni kurangnya perhatian dan pembinaan.

"Ya ketika mereka melakukan aktivitas itu berjalan dengan swadaya mereka sendiri. Padahal pemerintah sudah mencanangkan Kotim  sebagai tujuan dari wisata, namun itu tidak dibarengi dengan memberdayakan hal-hal yang berbau dengan adat budaya lokal," tandasnya.

Padahal kearifan lokal ini punya daya tarik dari luar daerah, kalau hanya sekadar mengandalkan ikon kota,  wisata-wisata alam sudah biasa.

"Orang banyak ingin tahu tentang Sampit, salah satunya mereka hanya ingin mengenal bagaimana budaya dan seni. Inilah yang mestinya dikemas dan dikelola," pungkasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru