Dinas Kesehatan Gunung Mas Ingatkan Manfaat Minum Obat Pencegah Penyakit Kaki Gajah

  • Oleh Magang 1
  • 05 Oktober 2019 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas mengimbau masyarakat agar meminum obat pencegah penyakit kaki gajah sekali dalam setahun selama lima tahun berturut-turut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Maria Efianti melalui Plt Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Nia Ernawaty mengatakan anjuran itu bermanfaat untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit kaki gajah atau filariasis.

“Untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit kaki gajah, maka obat pencegahan penyakit kaki gajah harus diminum satu kali dalam satu tahun selama lima tahun berturut-turut,” ujarnya melalui pesan singkat, Sabtu 5 Oktober 2019.

Ia mengatakan penyakit kaki gajah sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kecacatan seumur hidup. Walau demikian masyarakat diminta tidak perlu khawatir, karena penyakit kaki gajah bisa dicegah dengan Pemberian Obat Pencegahan Massal atau POPM Filariasis.

Oleh sebab itu ia meminta masyarakat yang berusia 2-70 tahun untuk minum obat pencegahan penyakit kaki gajah sekali dalam setahun selama lima tahun berturut-turut.

“Khusus untuk ibu hamil, penderita gangguan fungsi ginjal, penderita gangguan fungsi hati, penderita epilepsi, sedang sakit berat, penderita kronis filariasis dalam serangan akut, anak dengan marasmus dan atau kwashiorkor, mereka dapat menunda meminum obat pencegahan penyakit kaki gajah,” jelasnya. (MAGANG 1/B-6)

Berita Terbaru