Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementerian ESDM Dorong Pelaku Tambang Peduli Warga Lokal

  • Oleh Rokim
  • 05 Oktober 2019 - 20:46 WIB

INILAHCOM, Balikpapan - Sebanyak 5 dari 34 provinsi saat ini telah menyelesaikan cetak biru Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Ke 5 provinsi itu adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk mempercepat penyelesaian cetak biru PPM dimaksud, Kementerian ESDM akan memberikan coaching dan clinic untuk berbagi pengalaman pada pemerintah daerah.

Hal ini menjadi komitmen bersama Pemerintah dan perusahaan tambang pada ASEAN Workshop on Corporate Social Responsibility yang berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur seperti mengutip dari esdm.go.id.

Acara bertema "A multi-stakeholder Goals toward Sustainability in the ASEAN Region" ini dibuka oleh Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono.

Dalam sambutannya Bambang menyampaikan sebagai anggota ASEAN, Indonesia memfasilitasi perdagangan batubara dan terus mengembangkan penggunaan teknologi batubara bersih.

Tindak lanjutnya adalah melalui kepedulian terhadap manajemen lingkungan dan perkembangan masyarakat sekitar tambang, antara lain melalui kegiatan PPM atau biasa disebut sebagai Community Development.

Bambang mengungkapkan pemetaan sosial ekonomi regional juga akan dilaksanakan dengan asosiasi pertambangan dan LSM.

Selain itu pemerintah mendorong para pelaku usaha pertambangan untuk membuat masterplan PPM dari sisi perusahaan sebagai input pembuatan cetak biru pemerintah daerah.

"Setiap program PPM perlu didukung oleh seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, perusahaan dan masyarakat," tegasnya.

Berita Terbaru