Aplikasi Quick Count Hitung Cepat Web & Android

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pejabat Barito Timur Kaji Banding Sistem CAT untuk Penerimaan Aparat Desa

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 05 Oktober 2019 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Para pejabat dari Kabupaten Barito Timur melakukan kaji banding tata cara seleksi aparat desa dengan sistem computer assisted test (CAT) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 3 - 4 Oktober 2019.

"Kaji banding ini agar penghasilan tetap aparat desa pada 2020 akan disesuai dengan upah minimal kabupaten atau upah minimum regional bersumber dari alokasi dana desa, sehingga akan menjadi peluang kerja yang menjanjikan bagi pencari kerja dan pemerintah daerah memprediksi akan banyak pencari kerja yang berminat mengikuti seleksi penerimaan aparat desa melalui sistem CAT," ucap Sekda Barito Utara, Eskop, Sabtu 5 Oktober 2019.

Dijelaskan, sistem CAT yang rencananya akan dilaksanakan November 2019 atau paling lambat awal 2020.

Pemkab Barito Timur ingin proses seleksi aparat desa bisa berjalan efisien, transparan, akuntabel dan tidak bisa diintervensi.

Seleksi penerimaan akan menggunakan sistem CAT yakni suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar.

"Yang sudah melaksanakan dengan sistem CAT yakni Kabupaten Kudus, sehingga kami melakukan kaji banding sesuai perintah bupati untuk melakukan penyesuaian dan nantinya bisa diterapakan," ulasnya.

Penyempurnaan sistem CAT seleksi aparat desa karena saat ini Barito Timur sudah memiliki peraturan daerah, peraturan bupati, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang mengatur itu.

"Jika penerimaan dilaksanakan November 2019, maka ada 101 desa di Barito Timur yang akan membuka penerimaan aparat desa dan kerja sama dengan pengelola server dan instansi yang memiliki perangkat komputer yang banyak untuk melakukan tes," ujarnya.

Kunjungan ini juga diikuti oleh Asisten I, Kabag Pemerintahan, Perwakilan Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan perwakilan 10 kecamatan di Barito Timur. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru