Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rangkaian Festival Batang Arut HUT Kobar, Digelar Lomba Kelotok Hias

  • Oleh Wahyu Krida
  • 06 Oktober 2019 - 09:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Masih dalam rangkaian kegiatan Festival Batang Arut yang merupakan bagian dari perayaan HUT Kobar ke-60, Minggu, 6 Oktober 2019, digelar lomba kelotok hias.

Sebanyak 30 kelotok yang sudah dihiasi berbagai dekorasi unik meluncur dari Dermaga Korindo yang merupakan lokasi start sekitar pukul 09.00 WIB.

Bertindak sebagai juri dalam lomba kelotok hias yalmo Safwan, selaku pemerhati budaya Kobar, Heri Roustaman dari Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA),,dan  Yusuf yang merupakan ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kobar.

Bupati Kobar Nurhidayah dalam sambutannya sebelum melepas peserta lomba, mengatakan Festival Batang Arut yang diantaranya terdapat lomba kelotok hias ini merupakan bentuk penghormatan serta menghidupkan kembali masa keemasan darrah aliran Sungai Arut.

"Kemudian kegiatan ini merupakan upaya mengenalkan kembali pada akar budaya, di mana pada masa keemasannya aliran Sungai Arut merupakan penggerak ekonomi, sosia dan budaya di Pangkalan Bun dan sekitarnya," jelas Bupati.

Tentunya, lanjut dia, hal itu mengandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, kemampuan dan kebiasaan lokal yang didapat oleh masyarakat yang beraktivitas dialiran sungai tersebut.

"Kearifan lokal merupakan hal yang oenting untuk dilestarikan, karena merpakan sukber daya sosial yang akan selalu ada dan mampu diperbaharui dengan kreativitas. Kearifan lokal tersebut diperlukan untuk berkreasi dalam rangka menambah nilai daerah aliran Sungai Arut sebagai objek wisata maupun zona kreatif," ujar Bupati. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru