Dugaan Kebakaran Lahan di Perusahaan Hutan Tanaman Industri PT Ceria Karya Pranawa Dilaporkan ke KLHK

  • Oleh Naco
  • 06 Oktober 2019 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aktivis lingkungan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Gahara melaporkan dugaan kebakaran lahan di perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) di PT Ceria Karya Pranawa (CKP) ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sebelumnya, Gahara telah melaporkan kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur, beberapa waktu lalu tersebut ke Polda Kalimantan Tengah.

"Sudah resmi saya laporkan, beberapa hari lalu, dan saya langsung menyerahkannya ke KLHK," kata Gahara, Minggu, 6 Oktober 2019.

Ia berharap, KLHK bisa segera menindaklanjuti laporannya. Karena akibat kelalaian perusahaan, terjadi kebakaran lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap.

"Sejumlah bukti dalam laporan tersebut sudah kami serahkan bersamaan dengan laporan itu," ucap Gahara.

Bukti yang diserahkan terdiri dari surat rekomendasi dari Pemkab Kotim terkait pencabutan izin PT CKP, surat peringatan dari KLHK, dan foto areal HTI yang terbakar beserta titik koordinatnya.

Sementara itu, Kepala Unit Kerja Kotawaringin Timur-Katingan PT CKP Agus, mengaku tidak mengetahui tentang laporan dari Gahara ke KLHK.

"Kami tidak tahu adanya laporan (ke KLHK) tersebut," aku Agus saat dimintai konfirmasi Borneonews.co.id. (NACO/B-3)

Berita Terbaru