Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Waspadai Penyakit Perubahan Musim dengan Jaga Kebersihan Lingkungan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Oktober 2019 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna mewaspadai penyakit pada perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan seperti saat ini, masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta terus menjaga kebersihan lingkungan.

"Saat ini kemungkinan kita sudah masuk perpindahan musim dari kemarau ke musim hujan. Sehingga pentingnya menjaga kebersihan," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Minggu 6 Oktober 2019.


Musim kemarau dan musim penghujan sendiri sama-sama dapat memberikan hal yang positif maupun negatif. Karena jika terjadi kemarau, maka akan sulit memenuhi kebutuhan air bersih. Sedangkan jika hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi juga bisa berdampak terhadap muibah banjir di beberapa kecamatan.

Oleh karena itu, Taufiq meminta agar lingkungan sekitar runah maupun permukiman masyarakat harus bersih. Baik itu dari sampah maupun lainnya. Sehingga segala penyakit tidak mudah timbul.

"Kebersihan adalah kunci utama agar terhindar dari segala penyakit," kata Taufiq.

Ia juga mengingatkan meskipun dalam beberapa hari terakhir, Kotim diguyur hujan. Namun kebakaran lahan masih diwaspadai. Karena bisa saja kembali terjadi, jika dalam beberapa hari kedepan, hujan tidak turun.

"Waspada kebakaran lahan masih harus dilakukan. Karena kemungkinan kebakaran lahan masih bisa terjadi di Kotim ini jika kembali tidak turun hujan," harap Taufiq. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru