Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BI: Produksi Sawit Turun Dampak Kabut Asap

  • Oleh Tempo.co
  • 07 Oktober 2019 - 06:20 WIB

TEMPO.CO, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia atau BI Kalimantan Tengah Rihando menuturkan produksi sawit menurun karena banyak pegawai yang tidak memanen buah sawit dampak kabut asap.

"Kondisi berdampak kepada buah sawit yang sudah matang menjadi telat untuk dipanen sehingga mengakibatkan turunnya tonase produksi," ujar dia, Minggu 6 Oktober 2019.

Kabut asap juga mengganggu hewan penyerbuk sawit sehingga bunga betina sawit tidak terpolinasi dengan baik .

"Kondisi ini sudah barang tentu sangat mempengaruhi produksi kelapa sawit pada bulan-bulan berikutnya,"jelas Rihando.

Senada dengan Rihando, salah satu pelaku industri perkebunan kelapa sawit di Kalteng, Teguh Patriawan, mengatakan produksi sawit per hari turun 10-15 persen saat kondisi terparah.

"Di tempat saya, karyawan yang tadinya merupakan tenaga panen, tugasnya dialihkan untuk menjaga rembeten api. Hal ini berdampak panen berkurang," ujarnya.

Menurut pemilik kebun sawit yang berlokasi di Kotawaringin Timur itu, penurunan produksi dihitung berdasarkan dari hasil panen yang turun. Semula 1.100 ton perhari turun menjadi 900 ton atau hilang hampir 200 ton (sekitar 15 persen).

"Ini karena buah istilahnya brondol atau lewat masa dipanen jumlahnya meningkat karena adanya pengalihan tugas karyawan panen," keluh Teguh.

Dia mengatakan, secara keseluruhan, selama dua bulan kabut asap penurunan produktifitas kebunnya hanya 40-50 persen.

Semakin pekat asapnya, kata dia, maka sinar matahari tidak bisa masuk dan diserap oleh daun.

Berita Terbaru