Perguruan Pencak Silat Sambar 12 Tampilkan Atraksi Dalam Pawai Budaya Nasi Adab

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 07 Oktober 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perguruan pencak silat asli daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Sambar 12 menampilkan atraksi beladiri dalam pawai budaya Nasi Adab, dalam rangka HUT ke - 60 Kobar, di Jalan Pangeran Antasari, 7 Oktober 2019.

Atarkasi pencak silat dilakukan 9 orang, di depan panggung kehormatan yang disaksikan Bupati Kobar, Hj Nurhidayah dan wakilnya, Ahmadi Riansyah serta unsur forkopimda.

Penampilan beladiri beladiri tangan kosong oleh para menyadi muda dari perguruan itu.

Sambar 12 Kotawaringin Barat, adalah sebuah perguruan beladiri pencak silat asli daerah Kabupaten Kobar yang didalamnya mengajarkan tehnik silat sendeng 12 secara utuh. Pesilat ini merupakan salah satu panglima perang Kesultanan Kutaringin pada masa itu.

Silat ini memiliki gerakan yang lugas, cepat dan akurat sehingga silat ini hanya dimiliki sedikit orang, termasuk para punggawa Kesultanan Kutaringin pada masa itu.

Hingga saat ini tehnik silat ini masih terus dilestarikan oleh para juriat keturunan panglima perang Kiayi Hujan Panas, pada khususnya dan masyarakat Kotawaringin Barat pada umumnya.

"Sedagai bentuk partisipasi kami dalam memperingati HUT ke 60 Kotawaringin Barat yang ke 60," kata salah seorang pesilat. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru