Curah Hujan di Katingan Mulai Tinggi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Oktober 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sejak sepekan terakhir curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan mulai meninggi. Di kota Kasongan Ibu Kota Kabupaten Katingan akhir- akhir ini hampir setiap hari diguyur hujan, meski hujan kadang rintik-rintik.

Namun pada Senin 7 Oktober 2019 dinihari wilayah Kasongan dan sekitarnya diguyur hujan cukup lebat hingga selama sekitar 3 jam. Sejumlah ruas jalan digenangi air.

Pun demikian beberapa draenase di kota Kasongan juga tampak berair dari sebelumnya kering. Hujan tadi malam juga menyebabkan Bundaran Kantor Bupati Katingan tergenang air.

Hingga berita ini ditulis, air yang menggenangi bundaran ini masih bertahan. Tergenangnya bundaran ini diduga karena sistem draenase di bundaran buruk alias mampet.

Warga mengatakan setiap musim penghujan Bundaran Kantor Bupati Katingan ini selalu tergenang air.

"Dari awal bundaran ini dibangun memang air selalu tergenang di tempat itu, karena tidak ada pembuangannya atau buntu," kata Fery warga Kasongan.

Padahal, kata Fery setiap sore hari bundaran ini seringkali dikunjungi warga terutama anak muda yang ingin berolah raga atau sekadar mejeng.

"Karena lapangan becek anak-anak biasanya olah raga lari di trotoar trotoar di dalam lapangan maupun di pinggir jalan aspal," imbuhnya.

Meski curah hujan dalam sepekan terakhir tergolong tinggi, namun hingga saat ini Sungai Katingan wilayah Kasongan masih belum pasang. Bahkan cenderung menyurut kembali.

Hal ini karena hujan yang terjadi masih belum merata terutama di wilayah atau bagian hulu Katingan.

Berita Terbaru